Monday, August 22, 2016

Puasa sebagai Sarana Edukasi Diet 5:2 untuk Pencegahan Penyakit Tidak Menular




Saat ini, Penyakit Tidak Menular (PTM) merupakan pembunuh nomor satu di dunia. Dari data yang ada, ternyata 38,3% dari seluruh penyebab kematian adalah akibat PTM seperti jantung iskemik, stroke, dan Penyakit Paru Obstruksi Kronis (PPOK). Obesitas merupakan faktor risiko utama banyak PTM. Obesitas didefinisikan sebagai kondisi ketika Indeks Massa Tubuh (berat/[tinggi2]) melebihi 30 kg/m2. Salah satu penyebab obesitas adalah karena ketidakseimbangan energi yang masuk ke tubuh. Energi yang berlebih ini akan disimpan dalam bentuk cadangan energi, salah satunya adalah lemak. (1)

Banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengontrol obesitas seperti menurunkan jumlah timbunan lemak dan menjaga kebutuhan nutrisi seminimal mungkin. (2) Salah satu metode untuk mengontrol obesitas adalah dengan mengatur pemasukan kalori yang masuk ke dalam tubuh atau diet yang baik. Ketika pemasukan kalori tubuh lebih sedikit daripada kalori yang keluar, hal ini akan membuat tubuh memecah cadangan energi yang ada seperti lemak, sehingga berat badan akan turun. (3)

Diet 5:2 atau intermittent fasting adalah salah satu contoh metode pengontrolan obesitas yang menerapkan prinsip diet (pola makan). Pada metode  ini, kalori rendah diperbolehkan pada 2 hari seminggu, kemudian makan ‘normal’ pada hari sisanya. Keuntungan dari hal ini berikaitan dengan pengaruh terhadap penurunan berat badan. Penelitian lain menunjukkan individu yang melakukan metode ini akan mencegah progresi dari diabetes tipe 2, memperbaiki risiko penyakit jantung, dan menurunkan tekanan darah. (2,5)

Puasa merupakan keadaan ketika tubuh menghindari makanan, minuman, dan sebagainya dengan sengaja, terutama dari hal-hal yang membatalkan puasa (4). Puasa banyak dijadikan sebagai sarana ibadah di berbagai agama, salah satunya dalam Islam. Orang Islam berpuasa mulai dari matahari terbit hingga terbenam. Salah satu bentuk puasa yang dikenal oleh orang Islam adalah puasa Senin-Kamis. Seseorang akan berpuasa pada hari Senin dan Kamis, menyisakan lima hari lainnya dalam keadaan makan dan minum seperti biasanya. Puasa ini termasuk ke dalam bentuk diet 5:2.

Indonesia memiliki jumlah pemeluk agama Islam mayoritas, sebanyak 85% dari total populasi (6). Walaupun mayoritas Islam, masih banyak orang yang belum melaksanakan puasa Senin-Kamis ini. Padahal, selain bernilai sebagai ibadah, puasa ini juga dapat memberikan maanfaat sehat kepada tubuh.

Puasa Sunnah, Risiko PTM Musnah!

Daftar Referensi:
  1. WHO. The top 10 causes of death. [internet]. [cited 15 October 2015]. Available from: http://www.who.int/mediacentre/factsheets/fs310/en/
  2. Johnstone A. Fasting for weight loss: an effective strategy or lates dieting trend? Int J obes. 2015 May;39(5)727-33.
  3. Sherwood L. Human Physiology: From Cell to Systems. 7th ed. Cengage Learning: 2007.
  4. KBBI. Puasa. [internet]. [cited 03 August 2016]. Available from URL: http://kbbi.web.id/puasa
  5. Aly SM. Role of intermittent fasting on improving health and reducing diseases. Int J Health Sci. 2014 Jul;8(3):5-6.
  6. Putra ER. ‘Persentase Umat Islam di Indonesia Jadi 85 Persen’. Republika. [internet]. 09 Januari 2016. [cited 03 August 2016]. Available from URL: http://nasional.republika.co.id/berita/nasional/umum/16/01/09/o0ow4v334-persentase-umat-islam-di-indonesia-jadi-85-persen

1 comment:

  1. Taipan Indonesia | Taipan Asia | Bandar Taipan | BandarQ Online
    SITUS JUDI KARTU ONLINE EKSKLUSIF UNTUK PARA BOS-BOS
    Kami tantang para bos semua yang suka bermain kartu
    dengan kemungkinan menang sangat besar.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    Cukup Dengan 1 user ID sudah bisa bermain 7 Games.
    • AduQ
    • BandarQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • FaceBook : @TaipanQQinfo
    • WA :+62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    Come & Join Us!!

    ReplyDelete

Sedikit opinimu akan sangat berarti bagi saya :D