Sunday, August 21, 2016

One Day TRAIN: Menjadi Cerdas Saja Tidaklah Cukup!

Apakah kamu pernah, atau bahkan sering, terlambat, tidak menyelesaikan tugas tepat waktu, minim mengambil tanggung jawab terutama sebagai pemimpin, atau ditegur karena perilaku? Tentu beberapa dari kita pernah merasakannya. Apakah salah satu faktornya karena kita tidak paham, bagaimana karakter yang baik itu sebenarnya terdiri dari apa?

Kegelisahan akan minimnya sarana yang befokus dalam pendidikan karakter, menjadi dasar pelaksanaan One Day TRAIN. TRAIN sendiri memiliki kepanjangan “What It Means To Be a Smart and Good Students in FKUI”.

Apa Saja yang Dilakukan?

Kegiatan dilaksanakan sekitar pukul 13.00-21.00 di Salemba, Jakarta Pusat. Sesi dimulai dengan team building untuk saling mengenal dan mengeratkan empat peserta. Selanjutnya, dimulailah diskusi tentang “Menjadi Mahasiswa yang Cerdas dan Baik”, dilanjut diskusi bersama Prof. dr. R. Sjamsuhidajat, SpB-KBD. Sesi ditutup dengan diskusi akhir dan peserta ditugaskan untuk membuat refleksi apa yang mereka dapatkan hari ini.

Tanggapan Peserta terkait One Day TRAIN

Bagus Ramasha Amangku:
Sebagai mahasiswa kedokteran, kami diberitahu agar mengembangkan soft skill dan juga latih diri sendiri agar menjadi dokter yang berkarakter di masa depan. Jadi, waktu-waktu kami di FKUI sekarang jangan diisi dengan belajar saja. Saya setuju sekali dengan perkataan tersebut, karena jika hanya mengandalkan dan mengasah intelegensi saja, akan menjadi bahaya terhadap individual itu sendiri dan juga masyarakat, karena akan membentuk output seseorang yang sangat pintar namun tidak bermoral.”

Muhammad Prasetio Wardoyo
Seorang mahasiswa, yang bukan hanya merupakan wujud kelompok cendekiawan namun juga merupakan bibit-bibit pemimpin bangsa di masa depan, haruslah memiliki intelektualitas dan moral yang baik. Jika kita hanya mengejar intelektualitas tanpa memperhatikan sedikitpun moral, maka kita dapat menjadi orang-orang yang cerdas namun tidak memiliki iktikad untuk menghadirkan kebaikan bagi sekitarnya ataupun bangsanya. Sebaliknya, hanya mengedepankan moral namun meninggalkan intelektualitas akan menghasilkan generasi yang baik namun lemah.”

Fadhli Mahri
Apakah standar dalam menjadi dokter yang cerdas dan baik? Ternyata standar itu telah ada dalam suatu dokumen yang disebut SKDI. Standar Kompetensi Dokter Indonesia. Suatu standar yang dibuat oleh sejawat kita dalam Konsil Kedokteran Indonesia dengan penuh pertimbangan. Salah satu pelajaran besar yang juga saya dapatkan kemarin. Salah satu hal yang juga sangat saya sayangkan karena hal ini bahkan belum pernah saya dengar sebelumnya.”
Muhammad Qolby Lazuardi
Mengenai afek juga ada hal yang saya dapatkan dari diskusi dengan Prof. R Sjamsuhidajat SpB-KBD kemarin, yaitu bagaimana pembawaan beliau selama berdiskusi membuat dari saya pribadi bisa lebih nyaman untuk berbicara dan mengemukakan pendapat, karena kalau saya perhatikan setiap ada dari kami yang bicara, beliau selalu mengapresiasi pendapat orang tersebut.”

Bagaimana Hasil Evaluasi Pemahaman Peserta?

Evaluasi pemahaman dilakukan dengan pretes dan postes pada peserta. Data disajikan dalam bentuk persentase yang menjawab benar, kecuali disajikan lain.

No.
Pertanyaan
Pretes
Postes
1.
Profesionalisme dan humanisme adalah 2 nilai inti praktik kedokteran
100%
100%
2.
Menurut teman-teman, apa perbedaan antara cerdas dan baik?
Cerdas: otak, cepat dan luas, IQ EQ SQ. Baik menyangkut orang lain, hati nurani, moral.
Cerdas: kemampuan inteklektual, kognitif. Baik: moral.
3.
Apa yang teman-teman pahami mengenai pendidikan karakter?
Mempelajari karakter masing-masing orang. Memperbaiki sifat menyimpang.
Pendidikan yang mengkombinasikan nilai profesionalisme dan humanisme. Memanusiakan manusia sesuai kebenaran dan kebaikan
4.
Di Indonesia, apa indikator universal yang dapat digunakan sebagai basis kegiatan kemahasiswaan agar hasilnya sejalan dengan profesi dokter?
25%
75%
5.
Apa 1 value inti praktik kedokteran menurut kamu?
Pertolongan, integritas, care, empati
Karakter, profesional, empati, integritas
6.
Penerapan sistem masuk Fakultas Kedokteran hanya perlu mengukur kualias kecerdasan
100%
100%
7.
Yang terpenting dalam pendidikan adalah pendidikan humanisme
25%
100%
8.
Pendidikan karakter merupakan tanggung jawab satu-satunya melalui kegiatan kemahasiswaan
75%
75%
9.
Standar dokter di Indonesia menggunakan 5 stars doctor
100%
100%
10.
Di FKUI menggunakan budaya 7 stars doctor
25%
25%

Pesan untuk Kamu

Tahukan kamu, salah satu tujuan pendidikan adalah menciptakan pribadi yang cerdas dan baik? Kecerdasan, dibentuk melalui performance character, dengan dimensi di dalamnya seperti menentukan tujuan, komitmen untuk terus belajar, kreatif, dan inisiatif. Kebaikan, dibentuk melalui moral character, dengan dimensinya seperti saling menghormati, kasih sayang, integritas, keadilan, dan tanggung jawab terhadap orang lain.

Performa tanpa moral akan menjadi powerful evils.
Moral tanpa performa akan menjadi pathetic angels.

Tahukah kamu, bahwa tujuan dari pendidikan kedokteran sebenarnya mengarahkan mahasiswa mempunya kedua dimensi itu? Hal ini dituliskan dalam Standar Kompetensi Dokter Indonesia (SKDI) 2012.

Gambar 1. Tujuh area kompetensi kedokteran.1

Tujuh area kompetensi ini telah dijabarkan secara rinci dalam komponen masing-masing kompetensi. Sangat penting bagi kita, calon dokter atau dokter Indonesia, memahami apa sebenarnya yang menjadi tujuan pendidikan kedokteran saat ini. Hal-hal seperti empati, merenspon dengan baik umpan balik, terus mengevaluasi diri, memahami aspek biopsikokultural adalah sedikit dari penjabaran tersebut, tentu di samping memahami dengan baik kompentensi klinis sebagai seorang dokter.

            Sebagai catatan, FKUI sendiri dalam Kurikulum Fakultas 2012 memiliki tiga area kompetensi tambahan yaitu (1) riset, (2) pengelolaan kegawatdaruratan kedokteran dan kesehatan, dan (3) manajemen pelayanan kesehatan. Selain itu, FKUI juga memiliki nilai budayanya sendiri, yang disebut dengan nilai budaya FKUI-RSCM.

Gambar 2. Nilai budaya FKUI-RSCM.2

Kelima nilai ini seringkali disingkat dengan I PRO EXCELLENCE CARE (Integritiy, Professionalism, Care for others, Collaborative, Excellence).

Mengapa penting bagi kita untuk mengetahui hal-hal di atas? Perumusan hal-hal tersebut tentu melalui studi panjang dan pengalaman. Dengan memahami dan mempersiapkan diri, seorang dokter yang ideal serta dibutuhkan bangsa Indonesia adalah hasil yang akan tercapai. Karena, menjadi cerdas saja tidaklah cukup!

Fadhli Waznan
Rizta Aulia Widyana
Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia

Daftar Pustaka:
  1. Konsil Kedokteran Indonesia. Standar Kompetensi Dokter Indonesia. Jakarta: 2012. p. 1-90.
  2. RSCM-FKUI. Rencana Strategis Bisnis RSCM-FKUI 2015-2019. p. 16.


1 comment:

  1. Taipan Indonesia | Taipan Asia | Bandar Taipan | BandarQ Online
    SITUS JUDI KARTU ONLINE EKSKLUSIF UNTUK PARA BOS-BOS
    Kami tantang para bos semua yang suka bermain kartu
    dengan kemungkinan menang sangat besar.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    Cukup Dengan 1 user ID sudah bisa bermain 7 Games.
    • AduQ
    • BandarQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • FaceBook : @TaipanQQinfo
    • WA :+62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    Come & Join Us!!

    ReplyDelete

Sedikit opinimu akan sangat berarti bagi saya :D